Review : Keliling Sumatera Luar Dalam

May 11, 2013

buku karya bang Iqbal

Akhirnya kelar juga membaca buku Traveler Keliling Sumatera Luar Dalam setelah memakan waktu berhari-hari akibat sempat bacanya pas pulank kerja . #curhatdikit.  heheh ...  pertama liat buku ini diGramedia Samarinda , saya langsung excited banget sama buku ini diantara jejeran buku traveling lainnya yg membahas tentang traveling luar negeri.sudah lama saya menantikan buku yg membahas tentang sumatera dengan gaya backpacker bukan traveler, karena saya sadar budget perjalanan saya hanya pas pasan untuk backpackeran .sudah lama saya  menginginkan backpackeran kesumatera dan sampai sekarang belom teralisasi / sudah teralisasi. selain faktor transportasi yg jauh dari kalimantan tempat saya berada ini , salah satu pengaruh lainnya adalah mental untuk memulai backpakeran disumatera itu belom bulat .. hehehe alias masih buta disana nantinya bagaimana.

setelah membaca buku ini, banyak pencerahan dan gambaran yang saya dapat tentang sumatera dan backpacker , tapi buku ini terlalu exstrem untuk saya ikuti , heheh saya blom mampu bang iqbal .. hehehehe. berikut saya ceritakan ulasan versi saya :

  1. bang iqbal ini backpaker tanguh, sebelum memulai kesumatera dia sudah latihan jalan kaki mulai dari rute pendek hingga puluhan kilo meter , dia juga berminat backpakeran dengan sepeda namun dilarang oleh orang tuanya . itu terbukti dibeberapa part dibukunya dia sering berjalan kaki untuk menghemat budget serta sering melakukan hitchhiker atau bahasa kerennya nebeng :P #hebat ,,, kaki ga patah bang
  2. Dont judge by cover , yak itulah yg saya temukan di dalam buku ini, suku disumatera itu banyak dan banyak yg mengunder estimate suku - suku tertentu tapi dalam buku ini dipatahkan semua ... selama kita masih orang indonesia kita adalah saudara .bahkan dengan suku mentawai.
  3. Memberi wawasan baru tentang Pariwisata di Sumatera . disumatera banyak tempat wisata yg dikunjungi namun dalam buku memberi banyak alternatif wisata lainnya yang mungkin belom anda ketahui.
  4. mungkin itu sedikit gambaran tentang apa yg saya baca , namun sy tidak sukanya dipart ending karena nda klimaks ...

mengutip dari opening di buku ini
"semakin saya mengenal orang-orang kecil,saya akan semakin bersyukur dengan kondisi yang sudah ada ini, saya semakin berkeinginan membereskan masalah lain selainperut saya dan perut orang-orang disekitar saya".

#info : kalau mau beli bukunya digramedia seluruh indonesia ada.

You Might Also Like

6 komentar

Like us on Facebook