Belitung , Negeri Laskar Pelangi

November 13, 2013

Kesempatan pergi kesana itu akhirnya tiba juga ,  5 November 2013 , 05 :55 waktu jakarta  pesawat citilink dengan nomer penerbangan QZ9533 membawaku terbang ke pulau yang selama ini saya kagumi melalui film laskar pelangi dan novel dengan judul yg sama karya Andrea Hirata yaitu pulau Belitung , Provinsi Bangka Belitung . Penerbangan Jakarta – Tanjung Pandan ditempuh selama 45 menit saya habiskan dengan tidur ganteng , mengingat saya tidak tidur semalam dikarenakan seharian penuh saya beraktifitas menyelesaikan pekerjaan saya di jakarta dan ber kopdar ria dengan temen – temen yang home base di jakarta hingga larut malam di plaza semanggi .  Tepat pukul 07.00 WIB pesawat yang saya naikin mendarat mulus dilandasan pacu yang masih berembun , yak saya tiba di Bandar Udara H. A. S. Hanandjoeddin , Tanjung Pandan , Pulau Belitung.  Bandara ini sangat tenang sekali , mengingat hanya beberapa maskapai dan hanya beberapa rute saya yg dilayani . setelah turun pesawat saya bergegas mengambil bagasi , tapi ternyata ruang kedatangan ini hanya berukuran 10 x 10 meter persegi dengan 2 conveyor bagasi mini  dengan antrian bagasi yang banyak sekali .
Urusan bagasi sudah selasai , karena saya tidak riset jauh jauh hari alhasil setelah saya keluar bandara saya mengalami kebinggungan . dalam benak saya , saya binggung saya harus kemana bagaimana dan kayak apa ? . buat temen – temen , kalau mau ke sini tolong riset matang – matang ya biar kejadian ini hanya saya saja yang alami .  akhirnya saya mengontek temen saya yg nomernya sudah saya save dan dia adalah orang belitung asli . akhiranya permasalahan saya terpecahkan . dengan dibantu teman saya itu saya berhasil menginjakan kota tanjung pandan dan berhasil mencapai penginapan dengan biaya 40 ribu  sekali jalan naik mobil travel avanza.

Antrian bagasi

Saya hanya punya waktu 2 hari untuk menjelajah Negeri Laskar Pelangi ini , karena itu tidak saya siakan waktu sedetikpun . setelah sampai penginapan , saya langsung menyewa motor dari penginapan seharga 70 ribu/hari untuk mememani saya keliling belitung . Hari pertama saya fokuskan ke belitung barat atau seputaran kota Tanjung Pandan .
Destinasi saya Hari Pertama , 5 November 2013

-        Tugu Batu Satam , Iconic kota Tanjung Pandan yang berada di tengah kota . batu satam atau disebut juga oleh masyarakat Belitung sebagai Batu meteor karena bentuknya yang hitam dan dipercaya bersal dari batu meteor yang jatuh dari langit.oleh pengrajin di pulau Belitung batu satam diubah bentuknya menjadi souvenir yang indah dan menarik seperti cincin,gelang,kalung dll.harga souvenir dari batu satam berkisar mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung besar dan keindahan batu satam. untuk semakin memperkenalkan batu satam kepada wisatawan dan sebagai ciri khas kota Tanjungpandan didirikanlah tugu batu satam tepat ditengah kota Tanjung Pandan . (www.pecintawisata.wordpress.com).

-        Tanjung Pandam ,  merupakan pantai yang dekat dengan kota hanya berjarak 1 km dari tugu batu satam .  tarif retribusi masuk adalah 2 ribu rupiah . fasilitas nya cukup lengkap diantara lain taman bermain anak – anak , gazebo dan toilet . kalau malam tempat ini adalah tempat favorit anak muda belitung untuk bersantai dan menikmati malam ditemani dengan menyantap kopi.

-        Setelah dari  Tanjung Pandam saya lanjutkan perjalanan ke Tanjung kelayang , dimana di pantai itu ada tulisan “ Welcome To Belitung” . Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai terindah di Belitung, Tempat ini juga merupakan pelabuhan yang digunakan wisatawan untuk melakukan tour island hopping yang paling banyak diminati wisatawan yang datang ke Belitung. Pantai ini terletak 27 km di Utara kota Tanjungpandan. Saya sangat takjub sekali ketika saya menjejekan kaki disini , pasir putih lembut , birunya air laut, batu batu besar di laut dan kapal – kapal yang bersandar membuat hati saya damai sungguh indah sekali . saya tak habis pikir bagaimana batu batu sebesar itu bisa berada di situ . 2 jam saya habisskan ditempat ini walaupun panas terik saya tak peduli karena ini indah sekali .  Amazing .... sayang saya ga bisa hoping island kepulau lengkuas karena saya hanya sendiri dan hoping island harus merogoh kocek lebih , saya ga sanggup .

Pantai Kelayang

-        Puas ditanjung Kelayang saya lanjutkan ke Tanjung Tinggi yang merupakan tempat lokasi syuting Film Laskar Pelangi ,  hampir sama dengan pantai kelayang , tanjung tinggi juga berstruktur batuan besar  tak bisa saya gambarkan perasaan saya selain mengatakan pantai ini keren pake banget .

-        And last , saya mengunjungi Tanjung Binga , atau saya sebut dengan tanjung nelayan . tanjung binga adalah perkampungan nelayan dimana kanan dan kiri jalan kamu akan menemui ikan dijemur dan banyak sekali , baunya menyengat khas ikan asin tapi saya senang menhirupnya , baunya khas pagi orang lapar . sayang sekali saya tidak berhenti untuk bertanya karena saya sudah tahu walaupun belitung penghasil ikan namun harga makanan seafood disini terkenal mahal . jadi saya ga beliii .

Perjalanan hari ini ditutup dengan menyantap MIE Atep , mie khas belitung yang rasanya enak sekali . Mie ini berada di Jalan Sriwijaya tidak jauh dari Tugu Batu satam . Mie atep itu adalah mie kuning yang disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan taoge ini sangat khas rasanya karena tidak ada di kota lain dan mie ini sudah legendaris plus banyak terpajang photo photo artis dan pejabat  yang pernah makan di Mie Atep. Mie ini di Banderol 14 ribu  cukup murah .
Mie Atep

Destinasi saya Hari Pertama , 6 November 2013
Pagi pagi sekali saya bergegas untuk melanjutkan perjalanan saya ke Belitung Timur , dari tanjung pandan berjarak kurang lebih 110 km . dan hari ini saya ditemani teman saya yang asli orang belitung . kami sudah janjian bertemu di Kampong kampit berjarak 1 jam dari Tanjung Pandan Dinda namanya . pertemuan singkat itu langsung menguhubungkan destinasi saya selanjutnya .
-        Bekas Tambang Timah Belanda , tak banyak yang mengetahui tempat ini , dikarena kan tempat ini berada di balik hutan kampong Kampit sehingga para pembuat jasa tour belitung tidak memasukan tempat ini sebagai list destinasinya .  awalnya saya cukup senang karena jalanan masuknya adalah aspal namun setelah berjalan 5 menit saya dihadapkan dengan jalanan setapak tanah merah khas hutan . dalam hati saya bertanya mau dibawa kemana saya ini . 10 menit dengan medan tanah setapak , akhirnya kami tiba di tempat itu , tempat tambang timah belanda yg sekrang sudah tidak dipakai lagi .

Eks tambang

Setelah puas di eks tambang timah , kami melanjutkan perjalanan ke Belitung timur , jarak tempuh dari kampong kampit sekitar 45 menit , kami tiba di Vihara Dewi Kuan Inn yang berada di Desa Burung Mandi , kami sempatkan berphoto sambil meluruskan pinggang . stelah puas di vihara kami melanjutkan perjalanan 5 menit ke Pantai Burung Mandi . Pantai ini ... ah biarkan foto foto ini berbicara sendiri ..

Dan finally akhirnya sampai juga di Manggar , Kota seribu kedai kopi , kota laskar pelangi , kotanya pak Ahok wakil gubernur DKI  yaitu Belitung Timur . tak jauh beda denga kota Tanjung Pandan , Belitung Barat , kota ini juga tidak ada transportasi masal kayak angkot atau ojek . alhasil kalau kamu pelancong ya kalau ga sewa motor ya sewa mobil.  Jalan yang sepi menghantarkanku 9 km lepas dari kota Manggar dan memasuki kecamatan yang terkenal seantero Indonesia bahkan Dunia yaitu Gantong .  saya sudah tidak sabar ingin melihat replika sekolah muhamadiyah sekolah Laskar Pelangi . walau panas terik saya hiraukan demi eksis dikamera Nikon D3100 milik saya . Ini dia Penampakannya .

Tidak jauh dari repilka sekolah laskar pelangi ada musium kata andrea hirata , museum yang juga menceritakan laskar pelangi dan museum sastra pertama di indonesia .

Puas didua tempat tadi , saya balik ke kota manggar untuk makan dan ingin ngopi .  Ngopi adlah tujuan awal saya setelah itu makan , karena saya ngantuk berat di perjalanan . Kopi sudah menjadi minuman wajib bila anda sedang dibelitung timur , manggar . banyak sekali kedai kopi yang bisa kita jumpai di seluruh kota manggar dan harganya sangat terjangkau dibanding makanannya .

Perjalanan hari ini saya tutup dengan mengunjungi Pantai Lalang , Pantai yg tenang dan asyik buat pacaran ,,hahah sayang gazebonya kotor dan tidak terawat . tapi pantainya lagi lagi membuat takjub saya . ciri khas pantai belitung biru dan bebatu .. like it .

Hari semakin sore, saya putuskan kembali ke Tanjung Pandan karena besok saya flight pagi pagi sekali . perjalanan ke tanjung pandan ditempuh 2 jam dengan jalanan lurus plus sepi . sesampainya di penginapan saya putuskan untuk istirahat dan membeli makanan didekat penginapan saja karena saya sudah sangat capek supaya besok segar bugar kembali membelah kota Jakarta lagi .. #end

Foto - Foto lainnya dapat dilihat disini : Belitung Picture
Thanks to Dinda , udah menjadi Host gw sehari .

Pengeluaran :
Tiket CGK – TJQ PP : 110 ribu
Airport tax Jakarta : 40 ribu
Airport tax Tanjung Pandan : 11 Ribu
Penginapan : 70 ribu /hari * 2  Hari = 140 ribu
Sewa Motor : 70 ribu /hari * 2  Hari = 140 ribu
Travel : 80 ribu
Makan dll : 120 ribu
Total Pengeluaran :  641 Ribu (kurang lebih segitu lah )