Erau International Folklore & Art Festival 2013

July 03, 2013


 Ada yang berbeda dari pergelaran Erau tahun ini di Tenggarong, Kutai Kartanegara. event adat tahunan yang diselenggarakan dari tanggal 30 Juni hingga 7 juli ini mengambil tema "Erau International Folklore & Art Festival 2013", dimana tidak hanya kebudayaan dari Kutai kartanegara saja yang ditampilkan melainkan melibatkan 9 Negara perwakilan dari anggota CIOFF ,yakni Taiwan, Thailand, Yunani, Perancis, Republik Ceko, Togo, Belgia, Mesir, dan Korea Selatan.

Minggu 30/06 , saya dan teman - teman dari Samarinda Backpacker meluangkan waktu sehari penuh untuk melihat pembukaan Erau dan segala agenda acara yang sudah disusun panitia Erau. pagi- pagi sekali kami sudah bergegas dari samarinda menuju tenggarong , walaupun cuaca gerimis dan cenderung tidak bersahabat, kami paksakan untuk tetap berangkat sesuai jadwal yang kita telah tentukan di group Whats App samarinda Backpacker. Perjalanan dari Samarinda - tenggarong membutuhkan waktu sekitar 45 menit, dikarenakan jalanan licin dan gerimis, dilanjukan dengan menyebrang dengan Fery ASDP (Free) sekitar 15 menit. kemudian perjalanan dilanjutkan ke stadion Rondong Demang di Jl. Stadion , dimana stadion ini berada tidak jauh dari Museum Tenggarong . sebenarnya Tenggarong memiliki stadion yang lebih bagus dan lebih layak dari pada stadion Rondong Demang, Stadion Aji Imbut namanya , berada di daerah Tenggarong sebrang. tahun lalu pelaksanaan Erau dilakasanakan disini, namun tahun ini kegiatan Erau berpusat ditenggarong saja . Faktor keamanan mungkin yang mempengaruhinya . maklum sejak jembatan runtuh tahun lalu, otomatis transportasi dari dan ke tenggarong hanya bisa dilewati dengan memutar jauh ke arah loa duri ataupun menyebrang langsung ke tenggarong sebrang agar bisa sampai ke samarinda.

kembali ke topik Erau, sekitar pukul 11 kami tiba di stadion , dimana keadaan stadion sudah penuh sesak dan menyisakan bangku-bangku kosong di tribun utama tamu , sayang kita tidak boleh kesana karena dijaga oleh satpol PP. tak mau menyerah dengan keadaan kami mencari jalan agar bisa menonton tarian kolosal dengan duduk manis sambil ber- SLR ria . dengan melewati pintu utama yang kebetulan ga ada penjaganya kami sukses meringsek naik ketribun utama tepat dibelakang barisan Bupati, Gubernur dan Sultan . #Pecahhhhh dan akhirnya mendapatkan sesuatu yang epic ini , ya walaupun ga bagus - bagus amat .

chekidot .
 

 nonton pembukaannya cukup , diteruskan ritual photo - photo . chekidot lagi gan hehehhee







hari menjelang sore, kamipun melanjutkan ke acara berikutnya yaitu Beluluh, di Museum Mulawarman. Beluluh juga berarti prosesi ritual yang dilakukan oleh Dewa dan Belian terhadap Sultan dan Putra Mahkota guna membersihkan diri dari unsur-unsur jahat, baik yang yang berwujud maupun tak berwujud. Prosesi ini juga dilaksanakan sebagai penanda dimulainya prosesi Erau. sekitar Pkl. 16.00 acara ini dimulai , dengan didahului dengan bunyi - bunyi gamelan dan alat- alat musik tradisioanl yang khas sekali serta abdi dalam kerraton yang sudah duduk bersila didepan tempat duduk sultan untuk prosesi beluluh. Tempat duduk sultan ini terbuat dari pohon bambu yang dibuat menyerupai tempat duduk , dibawahnya terdapat beras warna - warni yang dibentuk pola . sampai saat ini saya juga belum tahu maksud beras tersebut. beras warna- warni inilah yang diperebutakan masyarakat nantinya setelah ritual beluluh selesai.  setelah acara beluluh , kami di beri kesempatan untuk masuk kedalam musium dan diberi kotakan snack. hanya limited orang yg bisa masuk , karena kotakan sedikit dan untuk menjaga ketertiban di dalam. soalnya malamnya ada acara Bepelas.Upacara adat bepelas berlangsung setiap malam , kecuali pada malam jumat yang diisi dengan acara pembacaan doa dan barjanji.  bepelas ini memiliki maksud untuk memuja sukma dan raga Sultan dari ujung kaki hingga ujung rambut agar Sultan mendapatkan kekuatan dalam melaksankan tugas maupun adat.Dalam ritual Bepelas, banyak tarian yang ditampilkan baik tarian yang bersifat sakral maupun tarian kegembiraan. traian tersebut diantaranya adalah tari Dewa, tari Dewa Memanah, tari ganjur, tari kanjar bini dan tari kanjar laki.










#### Jadwal Resmi Erau dapat di unduh di sini. Jadwal EIFAF2013

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook